Kenapa Burung Terbang Dalam Bentuk V?

Sering kita melihat burung bangau atau sejenisnya terbang disenja hari membentuk pola huruf “V” dan fenomena ini juga terjadi pada angsa – angsa yang berada di negara – negara empat musim tepatnya pada musim gugur. Tapi tahukah anda? kenapa berlaku kejadian seperti ini?

 

Dalam alqur’an surah al an’am dan al mulk Allah SWT berfirman :

Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu….. ( al an’am : 38 )

Dan apakah mereka tidak memperhatikan burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pemurah. Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu.(al mulk :19 )

Berikut ini beberapa fakta mengenai burung – burung tersebut :

1-Kepakan sayap angsa di depan, memberi “daya dukung” bagi angsa dibelakangnya. Angsa di belakang tidak perlu susah-payah menembus ‘airwall’ di depannya. Hasilnya, seluruh kawanan angsa dapat menempuh jarakterbang 71 % lebih Jauh dari pada kalau setiap angsa harus terbang sendiri-sendiri.

2-Kalau seekor angsa terbang keluar dari formasi rombongan, ia akan merasa berat dan sulit untuk terbang sendirian. Dengan cepat ia akan kembali ke dalam formasi untuk mengambil keuntungan dari daya dukung yang diberikan angsa di depannya.

3-Ketika angsa pemimpin yang terbang di depan menjadi penat, ia terbang memutar ke belakang , dan angsa lain akan terbang menggantikan posisinya.

4-Angsa-angsa yang terbang dalam formasi mengeluarkan suara riuh-rendah dari belakang memberi semangat kepada angsa yang terbang di depan sehingga kecepatan terbang dapat dijaga.

5-Ketika seekor angsa menjadi sakit, terluka, atau ditembak jatuh, dua angsa lain akan ikut keluar dari formasi bersama angsa tersebut dan mengikutinya terbang turun untuk membantu dan melindungi. Mereka tinggal dengan angsa yang jatuh dan berusaha untuk mendorongnya agar dapat terbang lagi,jangan sampai mati. Setelah itu mereka akan terbang dengan kekuatan mereka sendiri atau dengan membentuk formasi lain untuk mengejar rombongan mereka. Alqur’an bukanlah hanya sekedar kitab yang ajaib, tetapi petunjuk dan pedoman hidup kita, mari kita pelajari dan amalkan serta sampaikan,

Kitab(Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, (Al Baqarah :2 )

Via – Akak di sebalik pintu

Incoming search terms:

  • angsa laut
  • burung terbang
  • akak di sebalik pintu
  • kenapa burung terbang berbentuk V
  • kenapa formasi terbang bangau v
Artikel lain..

Comments

  1. nlc kokdianggg_52 says

    hahaha sama mcm mat moto laaa ni kalau konvoy jauh2 mesti dok ikot blkang moto membe2 sbb jimat minyak dan boley pegi lagi laju…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *